Selasa, 27 Oktober 2009

air PDAM Balikpapan Keruh

Air Baku yang dikelola oleh Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Balikpapan, keruh. untuk itu, pihak PDAM Balikpapan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti kaporit, untuk menjernihkan air Baku tersebut.

sumber Air Baku yang dikelola oleh PDAM Balikpapan, merupakan Air Baku yang berasal dari waduk manggar. dari Air Baku tersebut, sebelum didistribusikan ke masyarakat, dijernihkan lebih dulu di tempat instalasi pengolahan Air (IPA), dengan menggunakan bahan kimiawi, salah satunya dengan mengunakan bahan kimia Kaporit, yang berfungsi untuk mengendapkan kotoran yang ada di air baku tersebut.

kasubag hukum dan Informasi PDAM Balikpapan, Gatot Adjiseno, membenarkan, bahwa selama ini pihak PDAM menggunakan bahan kimia berbahaya seperti kaporit untuk menjernihkan air baku. hal itu disebabkan, di Balikpapan, masih kesulitan untuk memperoleh sumber Air baku dengan kualitas baik.

Gatot sapaan akrabnya, menjelaskan, sumber air Baku yang dikelola oleh PDAM balikpapan, mayoritas berasal dari waduk Manggar, sedangkan, diwaduk manggar, masyarakat sekitar waduk masih menggunakan waduk sebagai tempat mencuci, mandi, bahkan untuk buang kotoran, oleh sebab itu, air yang berasal dari waduk manggar memiliki kualitas buruk, dan tugas PDAM untuk mengolah Air Baku tersebut, hingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

namun, gatot menjamin, bahwa bahan kimia yang digunakan untuk menjernihkan Air baku tersebut, telah memenuhi standart World Health Organisation (WHO), yang telah menjamin bahwa air yang diedarkan ke masyarakat aman dan tidak berbahaya, serta tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

(red : Hi_Puss)

0 komentar: